Kamis, 18 Februari 2010

Mengapa saya harus Bangga sebagai Bangsa Indonesia


Kalau bercerita tentang negeri indonesia, tak akan pernah habisnya, terlepas dari permasalahan - permasalahan yang akhir-akhir ini mendara ibu pertiwi, Indonesia ku tetaplah jaya, dan tetap kokoh, selama semangat persatuan, dan kesatuan kita tetap terjaga. Saya sangat bersyukur , dan bangga menjadi putra ibu pertiwi, betapa tidak, negeri dengan seribu pulau ini, merupakan Negara yang aman, tertib, dan menjunjung demokrasi, walaupun kita tahu Indonesia punya beratus-ratus suku, dapat teresatukan berkat semangat ke Bhineka tunggal ika-an.



Kalau aku siih, bangga sekali menjadi orang Indonesia, karena banyak banget alasannya:



1. Negeri kita itu luas banget.

2. Penduduknya banyak, # 4 di dunia.

3. Kita terdiri dari banyak suku bangsa dan bahasa daerah.

4. Kita itu Bhineka Tunggal Ika, walaupun terdiri dari berbagai suku bangsa, tetapi kita semua berbangsa satu, bangsa INA.

5. Walaupun kita punya lebih dari 350 bahasa daerah dan logat, namun kita mempunyai bahasa pemersatu, yaitu Bahasa Indonesia.

6. Kita punya sumber kekayaan alam yang melimpah (minyak bumi, flora dan founa yang specific dan langka, mas, intan, permata, perak, timah, kayu, dll).

7. Negeri tropik dengan berbagai hasil cocok tanam.

8. Kaya akan rempah-rempah sebagai bahan untuk obat-obatan, jamu maupun untuk masakan.

9. Bahasa Indonesia sangat sederhana dengan huruf/abjad yang mudah dimengerti ( kita tidak memakai huruf Jawa, misalnya atau kanji yang sulit itu). Walaupun Bahasa Indonesia masih terus dikembangkan, namun sudah cukup membuat kita bangga banget, karena bahasa Indonesia tidak terlalu sukar untuk dipelajari oleh orang asing!! ( Ini siih promosiku, hehehe, maklum aku juga mengajar bahasa Indonesia di Jepang).

10. Bangsa Indonesia rata-rata sangat ramah.

11. Ada banyak agama di INA, Hindu, Budha, Kristen, Katholik, Islam dan Kepercayaan.

Menyikapi dari keharusan mempelajari, dan menjaga kebudayaan ialah implementasi dari cinta tanah air, jadi kita sebagai generasi muda seharusnya punya sikap peduli terhadap hal-hal yang berbau tentang kebudayaan, misalnya : sekali-kali kita menonton wayang kulit, melihat tarian-tarian daerah, dll. Ya seenggaknya kita itu tahu budaya kita sendiri, kalau kita sudah peduli, otomatis kita akan menjaga warisan budaya itu dengan sebaik-baiknya, sehingga tak terjadi lagi, kebudayaan kita diakui oleh bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar